top of page

Bagaimana Bisnis Online Menerapkan Otomasi Cerdas Untuk Meningkatkan Proses Operasional

Gilberto Marcano

Bisnis Online dengan Microsoft 365

Jika Anda ingin bisnis Anda menjadi lebih efisien dan meluangkan waktu untuk berfokus pada hal lain yang lebih penting, maka mengotomatiskan proses bisnis yang berulang dan biasa adalah cara yang bagus untuk mencapai sasaran tersebut. Selain itu, ada banyak manfaat mengotomatiskan bisnis Anda.


Artikel ini membahas bagaimana perusahaan yang hadir secara online dapat memanfaatkan otomatisasi cerdas untuk menghubungkan sistem yang berbeda, melakukan tugas komputer yang berulang, dan meningkatkan proses operasional back-office secara keseluruhan.


Teknologi apa yang digunakan pengusaha sukses untuk membuat pelanggan senang dan pendapatan mereka dalam angka positif? Sebelum membahas teknologi baru yang digunakan pengusaha, mari pastikan bahwa kita membahas bagian penting dari setiap bisnis yang sukses: keterlibatan pelanggan. "Pelibatan pelanggan adalah upaya kolaboratif…" kata Nancy Marshall, Anggota Dewan Forbes. Ketika pelanggan terlibat dengan merek Anda, bisnis Anda harus memberikan pengalaman pelanggan terbaik. Memberikan pengalaman pelanggan yang baik adalah kunci untuk mengembalikan pelanggan ke bisnis Anda dalam jangka waktu yang ditentukan oleh penggunaan produk atau strategi Anda.


Kita tidak perlu menebak-nebak banyak tentang teknologi yang digunakan oleh pengusaha sukses dan perusahaan besar; hanya melihat-lihat di toko ritel atau e-niaga biasa akan mengungkapkan upaya berulang dari perusahaan yang ingin memenuhi permintaan pelanggan dan mengurangi keluhan tentang praktik pengalaman pelanggan yang buruk.


Bisnis Online dengan Microsoft 365


Perusahaan seperti Walmart memiliki kasir otomatis , Amazon memiliki robot fisik sebagai bagian dari proses pemenuhannya, dan otomatisasi cerdas adalah anak baru di blok tersebut.


Otomasi cerdas adalah penggunaan teknologi otomatisasi seperti kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin (ML), pemrosesan dokumen cerdas (IDP), dan otomatisasi proses robotik (RPA) untuk merampingkan dan menskalakan tugas komputer berulang di seluruh organisasi (2).


Menurut Riset Pasar Terverifikasi, ukuran pasar otomatisasi proses cerdas bernilai USD 8,52 miliar pada tahun 2020 dan akan mencapai sekitar $21,63 miliar pada tahun 2028.


Bagaimana dengan back-office dan strategi operasional Anda?

Strategi back-office operasional Anda adalah salah satu area di mana Anda dapat menerapkan otomatisasi cerdas. Misalnya, Anda mungkin menjalankan NetSuite atau CRM lain secara internal, dan perusahaan pemenuhan Anda atau vendor pihak ketiga mungkin ingin Anda menggunakan sistem mereka sendiri. Selain itu, saya telah melihat departemen lain yang membutuhkan bantuan untuk mengakses data yang akurat dari beberapa sistem yang berbeda dengan cepat untuk memproses pesanan.


Selain itu, platform otomatisasi cerdas, seperti OpenBots dan Microsoft, menjadikan teknologi ini arus utama dengan memfasilitasi akses tanpa hambatan, yang memungkinkan tim mempelajari dan menerapkan teknologi ini dalam hitungan minggu.


Bagaimana Anda dapat mengidentifikasi proses bisnis mana yang harus diotomatisasi?

Mengidentifikasi operasi bisnis mana yang dapat Anda otomatisasi dapat mencakup sekitar 50% perjalanan otomatisasi Anda. Langkah pertama adalah mengetahui masalah yang ingin Anda selesaikan atau yang ingin Anda tingkatkan.


Misalnya, salah satu perusahaan farmasi terbesar di Eropa ingin meningkatkan waktu respons perusahaan mereka. Mereka kehilangan ratusan bisnis karena lambannya menjawab pertanyaan online. Selamat datang di era kepuasan instan, di mana pelanggan tidak menunggu perusahaan melainkan memiliki beberapa alternatif lain dengan mengklik tombol.


Setelah mengidentifikasi proses operasional yang ingin Anda tingkatkan, Anda perlu membuat rencana dan memetakan semua langkah yang dilalui karyawan atau kolega Anda. Rencana ini menjadi lingkup pekerjaan (SOW) untuk pengembang masa depan atau pengembang warga.


Anda dan tim Anda dapat mengikuti kursus analis bisnis untuk membantu Anda memulai perjalanan dalam mengidentifikasi berbagai peluang otomatisasi. Kemudian, menggunakan aplikasi penemuan yang tepat dapat membantu Anda mengatur proses bisnis tersebut dengan opsi terbaik.


Dasar dari setiap proses penemuan adalah mencatat proses bisnis secara mendetail. Misalnya, seorang karyawan dapat melacak setiap langkah perjalanan pesanan dan menyimpan jurnal peristiwa yang diperlukan selama proses berlangsung.


Paket bisnis dengan Dynamics 365 - Bisnis Online dengan Microsoft 365

Otomasi standar apa yang diterapkan perusahaan online?

Lebih dari 50% bisnis online kini menggunakan chat di situs web mereka. Biasanya, layanan obrolan seperti Google Cloud, HubSpot, atau Messenger akan menyertakan fungsi otomatis.


Menambahkan platform otomatisasi cerdas ke bagian belakang membantu memastikan bahwa layanan obrolan memiliki semua informasi yang diperlukan untuk memberikan informasi yang diminta kepada klien Anda dalam hitungan detik, tanpa ada manusia yang memeriksa sistem yang berbeda saat pelanggan ditahan .


Biasanya, obrolan otomatis akan mengirimkan kumpulan pesan yang telah ditentukan sebelumnya kepada pengguna akhir. Kemudian, dengan menggunakan platform IA seperti OpenBots atau UiPath di bagian belakang, bot digital dapat masuk ke sistem yang berbeda untuk mengambil informasi pribadi dan membawanya ke pengguna akhir dalam hitungan detik. Tugas ini biasanya memakan waktu beberapa menit untuk manusia dan waktu tunggu untuk pengguna akhir.


Otomasi standar lainnya adalah pemrosesan faktur. Contoh kami sebelumnya menyoroti pentingnya bersikap responsif terhadap permintaan online. Pemrosesan invoice adalah bagian dari proses ini yang mungkin dimulai sebagai permintaan online, lalu menjadi invoice akhir atau pembelian online.


Salah satu otomatisasi atau bot digital e-niaga adalah bot pemenuhan. Bot digital ini diprogram untuk menghubungkan sistem yang berbeda dari perusahaan pemenuhan pihak ketiga dan sistem internal. Bot pemenuhan dapat menyelesaikan hingga 20 tugas komputer selama pesanan, menghemat beberapa jam waktu proses pemesanan bisnis e-niaga.


Respons yang cepat dan akurat sangat penting untuk bisnis online yang mencoba mempertahankan pengalaman pelanggan terbaik. Saat perusahaan tidak harus bergantung hanya pada manusia, mereka dapat memanfaatkan otomatisasi cerdas untuk menghasilkan tenaga kerja digital yang mampu menjalankan proses bisnis 24/7.


Sebagai gambaran, retailer global dapat memproduksi lebih dari 500 bot digital. Jika bot digital dapat melakukan lebih dari 50 tugas, dapatkah Anda membayangkan memiliki tenaga kerja digital yang terdiri dari 100 bot digital yang melakukan lebih dari 5.000 tugas komputer?


sumber: https://www.forbes.com/sites/forbesbusinessdevelopmentcouncil/2022/12/08/how-online-businesses-implement-intelligent-automation-to-improve-operational- proses/?sh=2b55baca3c77

14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page